Seharusnya aku sudah pulang 125 menit yang lalu. Tapi tidak. Hari ini ada kegiatan. Keluarga anak-anak datang ke sini. Ke asrama. Tinggal semalam bersama mereka. Eits, hanya yang perempuan saja yang boleh tidur bersama di asrama.
Jika yang datang laki-laki?
Terpaksa tidur di tempat seadanya. Di ruang Poliklinik yang katanya “horror” itu atau di tempat lain asal tidak di asrama.

Kami menyebutnya Family Live In. Walau tidak semua yang hadir adalah keluarga mereka. Jika tak punya ibu, ayah, nenek, kakek, saudara? ya siapa saja yang bisa memberi pengaruh dan dukungan pada mereka. Sebut saja Significant others-nya. Kadang juga tokoh masyarakat tempat asal mereka, yang kira-kira peduli pada nasib mereka.

Senang ya, anak-anak bisa bertemu sekaligus ditemani keluarganya di asrama. Iyalah.
Bahkan ada yang sampai menangis, karena keluarga mereka belum kunjung tiba. Sedih. Biasanya mereka merasa tak yang peduli. Merasa terbuang.

Tapi belum tentu juga demikian. Ada yang justru tidak nyaman dengan kehadiran keluarganya ke Panti. Entah, yang jelas macam-macam sekali sebabnya.

Paling tidak, dengan kehadiran keluarga di sini, bahkan menginap di sini dapat menumbuhkan perasaan semacam “ooo di sini toh anak ku (keponakanku, cucuku, saudaraku, tetanggaku, wargaku) di tempa”, “oh begini to ruang mereka tidur, makan mereka sehari-hari, kegiatan yang mereka peroleh”, dan lain sebagainya. Dan yang diharapkan, setelah kegiatan ini..keluarga/ significant others tersebut jadi paham dan memberi dukungan atas proses yang sedang ditempuh anak-anak. Agak serius ni gaes…

Yaaa…yaa sudahlah. Mau siap-siap.

Yogyakarta, 24 April 2015

Iklan

About tsemoet

Sering kali saya merasa...saya adalah segalanya, namun sering pula saya merasa kalau saya bukan apapun. Simple...tapi kadang terlalu rumit. Orang bilang saya 'aneh'. Padahal TIDAK. Saya hanya berbeda dengan selera orang pada umumnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s